Kapitel IX OKPM Kembali Percayakan RP. Kornelus sebagai Minister Propinsial

95 total views, 1 views today

Jajaran Kepemimpinan OFMCap Provinsi Medan Periode 2018-2020

Ordo Kapusin Propinsi Medan (OKPM), pada 16-18 Februari 2018, menghelat Kapitel Biasa IX di Rumah Pembinaan Fransiskan (RPF) – Pematangsiantar. Sidang persaudaraan membahas kehidupan persaudaraan, evaluasi masa bakti Minister Propinsial yang lalu dan penetapan kebijakan untuk masa bakti berikutnya.

Kapitel, yang oleh Ordo Kapusin disebut juga Perayaan Persaudaraan, mempercayakan kembali RP. Kornelus Sipayung OFMCap sebagai Minister Propinsial triennium 2018-2020. Imam alumnus Theologi Dogmatik di Universitas Gregoriana Roma – Italia, didampingi empat Dewan Penasihat. Yakni, Yakni, RP Guido Situmorang OFMCap (Wakil), RP. Selestinus Manalu OFMCap (Penasihat I), RP. Mikhael Manurung OFMCap (Penasihat II), dan RP. Yosafat Ivo Sinaga OFMCap (Penasihat III).

“Kapitel di RPF Nagahuta lebih tepat disebut sebagai Perayaan. Sebab, serangkaian kegiatan atau persiapan telah berlangsung sebelum puncak pelaksanaan pada 16-18 Februari 2018,” ujar RP. Selestinus Manalu OFMCap kepada Menjemaat.

Pastor Selestinus menjelaskan, sebelumnya OKPM telah menetapkan Panitia Kapitel IX Ordo Kapusin Provinsi Medan, sebagai berikut: RP. Herman Nainggolan OFMCap (Ketua), RP. Adrianus Sembiring OFMCap (Sekretaris), RP. Mikael Manurung OFMCap (Anggota), RP Frans Pasifikus Situmorang OFMCap (Anggota), dan RP. Fiorentius Sipayung OFMCap (Anggota).

“Usai rapat perdana pada 17 Juli 2017, Panitia Kapitel menyusun program kerja persiapan Prakapitel dan Kapitel Biasa IX OKPM 2018. Panitia kemudian mengirimkan surat kepada setiap saudara untuk menjaring tema dan topik-topik Kapitel IX OKPM 2018,” ujarnya. “Usulan setiap saudara dibicarakan di persaudaraan setempat dan dirangkumkan oleh guardian. Hasil dari masing-masing persaudaraan setempat dibicarakan di regio-regio dan hasilnya dikirimkan ke Panitia Kapitel.”

Definitor General Ordo Kapusin wilayah Asia Pasifik, RP. Victorius Dwiardy OFMCap menjadi pemimpin dalam Kapitel bertema: “Formatio Karisma Kapusin dalam Hidup dan Karya”.

Pastor Selestinus mengapresiasi seluruh pihak terkait termasuk Panitia Kapitel Biasa IX OKPM, sehingga seluruh sesi dapat berjalan lancar dan baik. “Setiap sesi kegiatan, termasuk diskusi pun dapat berjalan alot. Namun tetap pada semangat untuk membenahi hidup dan karya persaudaraan yang lebih baik lagi,” katanya.

Dalam homili di misa penutupan, Pastor Kornelus mengajak seluruh persaudaraan Kapusin Medan menghidupi tema kapitel tahun ini. “Dalam satu sesi diskusi, seorang saudara Kapusin menyampaikan pendapatnya secara detail. Marilah kita membuat refleksi, untuk formasi Kapusin, apakah kita akan sedetail itu untuk membangun hidup dan karya persaudaraan?,” ujarnya seraya menekankan agar seluruh saudara dalam OFMCap Provinsi Medan menerapkan karisma Kapusin dalam hidup dan karya.

(Ananta Bangun | Foto oleh: RP. Leo Sipahutar OFMCap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *