Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Samodro Buka Seminar Kepemimpinan Pemuda Katolik

1,093 total views, 1 views today

Komsoskam – Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI Yohanes Bayu Samodro, membuka Seminar dan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) Pemuda Katolik DKI Jakarta Tahun 2020 di Aula Jayakarta, Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Minggu (6/09/2020) lalu. Tak hanya itu, Bayu juga menjadi pembicara utama dalam acara ini.

Yohanes Bayu Samodro menyampaikan tentang usaha penguatan moderasi beragama di Indonesia, yang merupakan salah satu program yang telah dicanangkan oleh Kementerian Agama dan membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk Pemuda Katolik.

“Radikalisme bisa muncul dimana saja dan dari agama mana saja termasuk dari agama kita sendiri untuk itu penting bagaimana kita mampu berperan dalam membangun peradaban bangsa dan dalam hal ini pentingnya kita membangun penguatan moderasi beragama,” kata Yohanes Bayu Samodro.

Bayu juga memberi apresiasi kepada Pemuda Katolik yang ikut memperhatikan nasib bangsa yang majemuk lewat kaderisasi yang berkesinambungan dengan mengambil tema Moderasi Beragama. Harapan Bayu, Pemuda Katolik dapat memiliki semangat bergerak secara inklusif dalam penguatan moderasi beragama bersama dengan pihak – pihak lain sebagai gerakan struktural dan kultural masyarakat.

Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta Bondan Wicaksono menjelaskan latar belakang acara seminar kemajemukan memang tak dapat dipungkiri dapat memancing potensi-potensi konflik.

“Untuk itu, Pemuda Katolik mendorong adanya penguatan moderasi beragama sebagai hak strategis dalam memajukan sumber daya manusia Indonesia” kata Bondan.

Tak lupa, Bondan mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Samodro atas kehadirannya dan memberikan penjelasan tentang konsepsi moderasi beragama sebagai bagian dari upaya penguatan nilai – nilai inklusif dan toleransi kepada masyarakat dan terlebih bagi Pemuda Katolik.

Seperti yang dilansir dari beritasatu.com , Yohanes Bayu Samudro dilantik oleh Menteri Agama Fachrul Razi sebagai Dirjen Bimas Katolik pada Senin, 10 Agustus 2020 lalu di Kantor Kementerian Agama.

Pelantikan Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Samudro

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 143/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Agama tertanggal 3 Agustus 2020. Plt. Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Pastor Ewaldus Ewal ikut mengawal pengambilan Janji Jabatan itu.

Pria kelahiran Jakarta ini merupakan alumni S-1 Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan pada FKIP  Unika Atma Jaya Jakarta tahun 1995, dan pada 2002 Bayu merampungkan jenjang S-2 Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan di Universitas Kristen Indonesia.

Bayu memang dikenal sangat aktif dalam kegiatan gereja Katolik. Pada tahun 2012-2018, ia pernah menduduki jabatan sebagai Sekretaris DPH Paroki St. Laurentius Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Sebagai pengurus Gereja Katolik, Bayu juga aktif melayani di Dekenat Tangerang dan karya-karya lain di Keuskupan Agung Jakarta. Karena keaktifannya, Bayu sering mewakili Gereja Katolik dalam kegiatan dan dialog-dialog lintas agama.

Sekali lagi, selamat berkarya Pak Bayu!

 

Baca juga  BERKOMUNIKASI/BERMEDIA SOSIAL SECARA POSITIF

 

Facebook Comments

Yoseni

Freelance Content Writer

Leave a Reply