BACAAN INJIL, SELASA , 7 Juli 2020

426 total views, 1 views today

Matius 9: 32-38

Sedang kedua orang buta itu keluar, dibawalah kepada Yesus seorang bisu yang kerasukan setan. Dan setelah setan itu diusir, dapatlah orang bisu itu berkata-kata. Maka heranlah orang banyak, katanya: “Yang demikian belum pernah dilihat orang di Israel ” Tetapi orang Farisi berkata: “Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan ”

Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”

MAKNA KUTIPAN:

Mengajar, memberitakan Injil, serta melenyapkan penyakit adalah tiga sifat tugas pelayanan Yesus. Motifnya adalah belas kasihan terhadap orang Israel yang tidak memiliki pemimpin. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh Yesus yang dikisahkan dalam bacaan ini. Ada begitu banyak orang yang membutuhkan uluran Kasih-Nya yakni : orang buta, orang bisu yang kerasukan setan, orang banyak dengan penyakit dan kelemahan mereka masing-masing. Banyak dari antara mereka terlantar, dan belum semua dapat ditolong-Nya. Maka Yesus menggugah hati para murid supaya mereka secara aktif memberi diri bekerja untuk menolong kelemahan-kelemahan sesama. Tuaian banyak lebih pada pekerjaan yang tidak mungkin tanpa pertolongan yang lain yang menggabungkan diri kepada Yesus. Dengan kata lain Yesus membutuhkan para murid membantu Dia untuk menolong mereka yang lemah dan menderita ini.

Baca juga  Bacaan Injil, Jumat 17 Juli 2020

Dibutuhkan pekerja-pekerja yang peduli dengan hal-hal itu. Ke manakah harus merekrut pekerja-pekerja yang peduli dengan kemalangan dunia ini? Atau, siapakah yang bersedia melamar sebagai pekerja di bidang ini? Yesus memberikan dorongan kepada para murid untuk minta kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Maka setiap kita yang mengaku sebagai pengikut Kristus, yang setia hidup bersama-sama dengan Yesus, kitalah pekerja-pekerja yang diminta oleh Yesus untuk peduli dengan kemalangan-kemalangan yang dialami sesama di sekitar kita. Bersediakah kita ? Mari kita jawab dalam hati kita masing-masing.

Facebook Comments

Rina Barus

Menikmati Hidup!!!

Leave a Reply