Seminar Peran Orangtua Dalam Keluarga di Paroki St. Kristus Raja Perdagangan

1,196 total views, 18 views today

Komsoskam.com – Perdagangan, Pada Sabtu (19 Oktober 2019), Paroki Kristus Raja Perdagangan dan Kuasi St. Petrus Cinta Dame mengadakan Seminar Pasutri dengan tema “Peran Orangtua dalam Keluarga” dengan mengundang Komisi Keluarga KAM. Kegiatan ini dikoordinir oleh seksi keluarga Paroki dan TPP Paroki. Peserta yang hadir adalah utusan dari semua stasi dan berjumlah 100 orang,

Diawal pertemuan, para pasutri disegarkan kembali dengan materi “Tahap-tahap Hidup Perkawinan” oleh Sr. Laura Purba, KYM, dalam sesi ini dijelaskan tentang tahap perkembangan hidup berkeluarga yang mempunyai sisi krisis, tanggungjawab dan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Keluarga bertahan dan bertumbuh jika keluarga mampu beradaptasi atas kebutuhan dan tuntutan tanggungjawab yang muncul dalam setiap tahapnya. Maka relasi suami dan istri merupakan relasi terpenting dalam keluarga.

Kemudian dilanjutkan dengan materi “Tridarma Orangtua” oleh P. Gindo Saragih OFMConv, beliau menegaskan tentang peran orangtua dalam keluarga sebagai Guru, Imam dan Gembala. Keluarga adalah Ecclesia Domestica dan merupakan sekolah doa yang pertama. Kesadaran orangtua pada jati dirinya menyadarkan mereka akan peranan dan panggilannya.  Orangtua yang mampu memainkan peran dan panggilannya secara tepat pasti membuka kemungkinan terjadi pendidikan anak-anak secara baik. Mengingat martabatnya yang luhur dan suci, sepantasnya orangtua merasa bangga “dipanggil” untuk menjadi rekan kerja Allah.

(Sr. Laura Purba, KYM)

Facebook Comments
Baca juga  Paroki Padang Bulan Mengisi Tangki Cinta dengan Seminar Lima Bahasa Kasih

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply