RUANG KATEKESE KITAB SUCI (Bagian 8)

333 total views, 2 views today

#ISI KITAB SUCI#

Ketika ada pertanyaan “Apa sih isi Kitab Suci?”, maka jawaban spontan dari kebanyakan umat beriman adalah “Sabda atau Firman Allah”. Mungkin kita juga berpikiran demikian. Itukah jawabannya?

Nah, Kitab Suci memang berisikan Sabda atau Firman Allah. Namun, kita juga harus menyadari bahwa isi dari Kitab Suci, bukan hanya tentang Sabda Allah saja. Selain itu, dalam Kitab Suci juga ada “Tanggapan manusia atas Sabda Allah”. Jadi isi Kitab Suci ada 2, yaitu: (1) Sabda Allah (2) Tanggapan manusia atas Sabda Allah. Sabda Allah datangnya dari Allah kepada manusia, sedangkan tanggapan datangnya dari manusia kepada Allah.

Jika kita membuka Kitab Suci pada halaman-halaman awal, yakni pada kisah penciptaan, maka kita akan menemukan bahwa Sabda Allah-lah yang memulai segalanya. Iman itu dimulai dengan mendengarkan Sabda Allah. Selanjutnya, barulah memberi tanggapan. Allah bersabda kepada Abraham. Setelah itu, Abraham menanggapinya. Proses yang sama juga terjadi kepada semua orang beriman yang dikisahkan dalam Kitab Suci. Proses demikian juga kiranya terjadi kepada kita. Dalam acara Ibadat Sabda maupun Ekaristi, setelah mendengarkan sabda kita memberi tanggapan atas sabda-Nya.

Semoga katekese ini bermanfaat bagi kita. Ignoram Scripturam, Ignoram Cristi Est, yang berarti Tidak mengenal Kitab Suci, tidak mengenal Kristus. Tuhan memberkati kita.

Baca juga  BACAAN INJIL, SENIN 7 SEPTEMBER 2020

Dibuat oleh: Komisi Kerasulan Kitab Suci KAM.

Facebook Comments

Rina Barus

Menikmati Hidup!!!

Leave a Reply