RUANG KATEKESE KITAB SUCI (Bagian 15)

218 total views, 1 views today

[Dipahami agar semakin dihayati]

#MENGENAL YUSUF#

Yusuf lahir dari wanita yang sangat dicintai oleh Yakub, yakni Rahel (Kej  35:24). Selain dia, yang lahir dari rahim Rahel yaitu Benyamin. Benyamin adalah adik Yusuf (Kej 35:16-18). Yusuf ini sangat dikasihi oleh Yakub, bahkan bisa dikatakan agaknya “dianakemaskan” oleh Yakub. Selain itu, dimata saudara-saudaranya, Yusuf ini tampak agak sombong dan ingin menjadi “lebih” dari saudara-saudaranya. Hal ini membuat saudara-saudaranya menjadi tidak senang melihat Yusuf (Kej 37:1-11). Saudara-saudaranya berniat untuk membunuhnya. Namun, karena pertimbangan tertentu, ia tidak jadi dibunuh, melainkan dijual ke saudara Midian, orang Ismael (Kej 37:28). Inilah yang membuat Yusuf akhirnya tinggal di Mesir. Yusuf memiliki keahlian dalam menafsir mimpi (Kej 40, 41). Karena keahliannya ini, ia pun akhirnya dianggap oleh Firaun menjadi penguasa atas Mesir (Kej 41:37-57). Istrinya bernama Asnat, anak dari Potifera, seorang imam di On (Kej 41:45) dan anaknya bernama Manasye dan Efraim (Kej 41:51-52). Dialah yang menjembatani kepindahan Yakub, bapanya dan saudara-saudaranya ke Mesir (Kej 46).

Mau tahu lebih banyak lagi tentang Yusuf? Mau memahami kisah-kisah tentangnya secara lebih detail? Bacalah Kitab Suci, khususnya dalam Kitab Kejadian.

Semoga katekese ini bermanfaat bagi kita. Ignoram Scripturam, Ignoram Cristi Est, yang berarti Tidak mengenal Kitab Suci, tidak mengenal Kristus. Tuhan memberkati kita.

Baca juga  BACAAN INJIL, KAMIS, 9 Juli 2020

Dibuat oleh: Komisi Kerasulan Kitab Suci KAM.

 

Facebook Comments

Rina Barus

Menikmati Hidup!!!

Leave a Reply