PPMN Berdayakan Istri Nelayan Lewat Edukasi Keuangan

1,742 total views, 1 views today

 

Belawan, 21 September – Sebagai bagian dari komitmen untuk memberdayakan perempuan pesisir Belawan, PPMN yang difasilitasi oleh Fellowship Citradaya Nita 2018 Sry Lestari Samosir bersama dengan narasumber Ayu Bety (Lembaga Keuangan Kopdit CU Harapan Kita) pada hari Jumat (21/09/2018) menyelenggarakan Lokakarya dan edukasi keuangan untuk istri nelayan di Belawan, bertempat di Aula Kantor Lurah Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan. Sekitar 17 peserta diberikan edukasi dan pelatihan dasar mengenai cara mengelola keuangan keluarga.

Pemberdayaan wanita lewat edukasi keuangan memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat, wanita memiliki posisi strategis dalam mengatur keuangan di sektor yang paling mikro, yaitu keluarga. Berdasarkan riset Bloom et al (2016) diungkapkan bahwa dibandingkan dengan pria, perempuan cenderung menginvestasikan pendapatan keluarga untuk pendidikan dan masa depan anak-anaknya.

Sry Lestari Samosir menjelaskan, pemahaman Literasi keuangan, terutama lewat wanita, memiliki peranan penting dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Lewat pelatihan keuangan ini, kami berharap bahwa wanita, khususnya istri nelayan lokal di Belawan, dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen keuangan personal dan keluarga, sehingga mampu meningkatkan perilaku menabung untuk masa depan. Lebih dari itu, setelah mendapatkan pembelajaran, kami juga berharap nantinya para istri nelayan dapat terinspirasi untuk memulai sebuah usaha sederhana yang dapat menjadi tambahan pemasukan untuk keluarga,” tambahnya.

Secara lebih spesifik, peserta diajarkan untuk membagi uang yang didapat setiap harinya ke dalam rumus 60:30:1:10. 60% pengeluaran rutin, 30% hutang/cicilan hutang, 10% tabungan, 10% pengeluaran tidak rutin. Dengan membagi dan mengelompokan uang yang dimiliki sesuai dengan pos kebutuhan, arus kas (cash flow) keluarga menjadi lebih teratur dan terkontrol. “Kami berharap melalui kegiatan ini nelayan kita tidak semakin tersisih dari himpitan ekonomi atau perubahan zaman, melainkan semakin kuat dan tangguh karena didukung istri yang cerdas dalam mengelola keuangan,” ujar Sry menambahkan. Lestari

Jansudin Saragih

Carpe diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *