Meningkatkan Pendapatan Melalui Bisnis Online Ibu-Ibu Pesisir Siap Go Digital

2,170 total views, 1 views today

Belawan, Medan. PPMN (Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara) yang difasilitasi oleh Sry Lestari Samosir (Citradaya Nita 2018) menempah ibu-ibu pesisir Belawan untuk go digital dalam workshop “Belajar Memaksimalkan Usaha Lewat Dunia Digital), Jumat, 24 Agustus 2018 kemarin. 15 orang ibu-ibu yang terkumpul dalam Komunitas Mentari mendapat materi dan praktek untuk meningkatkan usahanya melalui digital marketing.

Dalam pemaparannya, masing-masing pemateri secara interaktif mengajak peserta untuk lebih termotivasi melek digital. Modul yang disampaikan oleh para narasumber antara lain Panduan Dunia Digital, Memulai Bisnis Online. “Mengapa kita harus berbisnis online? karena dunia digital terus bergerak dengan cepat, kalau kita tidak berubah, kita akan tertinggal. Kita tidak bisa melawan teknologi, caranya agar tidak tertinggal kita harus mengikutinya, tetapi tentu saja tetap bijak berteknologi,” jelas Marzuki Halim dan Badia Tarigan (Fasilitator Gapura Digital Medan) di awal pembahasan materi Panduan Digital.  


Peserta workshop wajib mengerjakan tugas yakni menulis berita tentang acara pelatihan yang sedang berlangsung dan juga mereka dilatih mempromosikan produk di media sosial yakni facebook. Sry Lestari Samosir menjelaskan bahwa workshop ini adalah rangkaian program “Pemberdayaan Perempuan Pesisir Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan”. Bulan lalu Sry dan Ibu-Ibu Komunitas Mentari sudah belajar Jurnalisme Warga dan Cerdas Berwirausaha Olahan Laut, dan kali ini belajar teknik marketing produk yang mereka miliki. “Inilah bisnis online, ibu-ibu ini harus mulai dibiasakan googling, belajar dari online, mulai diusahakan untuk praktek dengan ilmu yang mereka dapat baik secara online maupun offline. Mereka harus terbiasa dengan digital marketing agar mampu meningkatkan pendapatan mereka melalui smartphone yang mereka miliki” jelas Sry bersemangat.

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini, dari awal hingga kelas berakhir. Para peserta -pelatihan yang digelar di kantor Lurah, Kelurahan Bagan Deli ini juga diajak mengeksplorasi fasilitas-fasiltas google untuk pengembangan usaha, diantaranya Google My Business, Google Business sita, dan lainnya.  Ibu Eriani, salah seorang peserta mengaku senang dan antusias mengikuti pelatihan, “Acara ini sangat membantu membuat kita makin pinter, ilmu yang kita dapat luar biasa, bisa memperluas jualan barang dagangan kita,” tutur istri dari nelayan ini.

 Lestari Samosir

Jansudin Saragih

Carpe diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *