Bacaan Injil Senin, 20 Juli 2020

545 total views, 2 views today

Matius 12: 38-42

Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru, kami ingin melihat suatu tanda  dari pada-Mu. ”  Tetapi jawabNya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus  tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi  tiga hari tiga malam. Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe  akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus,  dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus! Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!”

MAKNA KUTIPAN:

Seorang pemuda berkata kepada kekasihnya, jika engkau benar-benar mencintai aku tunjukkanlah buktinya kepadaku. Ternyata untuk menyatakan atau membuktikan sesuatu orang membutuhkan suatu tanda.

Dalam bacaan hari ini kita mendengar, ahli Taurat dan orang Farisi datang kepada Yesus dan berkata  “Guru, kami ingin melihat suatu tanda  dari pada-Mu. ”  Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Suatu tanda, tentunya sesuatu yang ajaib, yang Yesus tidak mau mengadakannya karena mereka sudah melihat beberapa mujizat tetapi keinginan untuk melihat tanda tidak  dapat dipuaskan dan tidak membawa kepada iman. Yunus seorang nabi yang memberi peringatan menyampaikan berita penghukuman Tuhan kepada orang Niniwe.     Tanda nabi Yunus adalah khotbah yang membawa kepada pertobatan, walaupun boleh juga dikatakan bahwa ia memberikan tanda dalam dirinya sendiri sebab ia keluar dari tengah-tengah dunia yang mati. Bagi orang Niniwe Yunus adalah tanda dari Allah dan kata-kata Yunus adalah berita dari Allah, sehingga pemberitaan Yunus mereka percayai dan mereka bertobat.  Sementara Ahli Taurat dan kaum Farisi telah menjadi begitu  buta  dan tuli sehingga tidak lagi mendengar peringatan Tuhan, yang telah nyata melalui kehidupan  dan pelayanan Yesus.

Baca juga  BACAAN INJIL, SENIN, 31 AGUSTUS 2020

Sebagai pengikut Kristus Kebenaran Firman Tuhan memberi makna dan pesan bagi kita. Banyak tanda-tanda kasih, kebaikan Tuhan yang kita alami dalam hidup kita. Apakah semua itu menambah iman kita sehingga kita tetap taat dan setia kepada Tuhan, meski kadang banyak rintangan, kekecewaan, ketidakpastian dalam hidup Kita. Kita sering mendengarkan Sabda Tuhan. Apakah Sabda Tuhan itu berbicara kepada kita sehingga membuat kita bertobat dan melakukan kehendakNya dalam hidup kita ? Selamat merenungkan.

Sumber: Komisi Kerasulan Kitab Suci KAM

Facebook Comments

Rina Barus

Menikmati Hidup!!!

Leave a Reply