Pesta Bolon, Syukuran Mgr. Kornelius Sipayung Dihadiri Ribuan Umat

3,976 total views, 1 views today

Komsoskam.com- Saribudolog – Umat Paroki St. Fransiskus Assisi, Saribudolog mengekspresikan sukacita dan syukur atas terpilihnya putera paroki, Mgr.Kornelius Sipayung OFMCap sebagai Uskup Agung Medan, melalui Perayaan Pesta Bolon Syukuran Tahbisan Uskup Agung Medan, pada 9 – 10 Februari 2019 di Saribudolog, Kabupaten Simalungun, kecamatan Silimakuta.

Nyanyian dan busana tradisional yang khas sungguh memeriahkan acara

Perayaan diawali dengan karnaval dari gereja paroki ke gereja St. Pio Purba Hinalang, ziarah di makam Oppung Dolog, reuni biarawan-biarawati, siminik Oppung Dolog dan orang tua biarawan-biarawati se-Paroki Saribudolog – Pematang Raya, aksi panggilan serta hiburan rakyat.

Antusias umat begitu besar. Tampak juga umat datang dengan mobil pick up

Misa Akbar yang dipimpin  oleh Mgr.Kornelius Sipayung OFMCap, dilaksanakan pada Minggu, 10 Februari 2019 di Lapangan Bola Saribudolog, dihadiri sekitar 10.000 umat, undangan, tokoh masyarakat dan pemerintah. Dalam homilinya, Mgr. Kornelius Sipayung menyampaikan refleksinya atas panggilan menjadi Uskup. “Kepatutan dan kelayakan sepenuhnya adalah kuasa dan panggilan Tuhan. Kita merasa tidak patut, tidak layak karena merasa tidak memiliki keistimewaan, tapi ketika Tuhan memanggil dan memilih, kita harus menjawab kesiapan!” demikian disampaikan Mgr.

Para imam dan mesdinar berfoto bersama Uskup Mgr.Kornelius Sipayung dan Uskup Emeritus AG Pius Datubara OFMCap

Bupati Kabupaten Simalungun, J.R.Saragih, yang turut hadir, dalam sambutannya seusai Misa, mengajak seluruh umat Katolik dan masyarakat di Kabupaten Simalungun untuk bekerja sama membangun dan memajukan Kabupaten Simalungun dengan merawat tradisi, toleransi dan kerukunan serta berdaya juang tinggi untuk menjadi tokoh-tokoh penting dalam masyarakat maupun bangsa dan Negara.

Disela acara, Bupati Simalungun, J.R Saragih memberikan sambutan hangat dan tanda sukacita

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun J.R. Saragih juga turut bersukacita dan merasa bangga atas terpilihnya pemimpin umat Katolik Keuskupan Agung Medan dari daerah Kabupaten Simalungun. Dalam kesempatan itu JR Saragih tak lupa meminta berkat dan doa dari Uskup.

Kemeriahan terus berlanjut dengan aneka hiburan dan jamuan makan serta manortor bersama. Proficiat Mgr. Kornelius Sipayung. Deus Meus et Omnia.

(Anne Griselda M.)

 

 

Jansudin Saragih

Carpe diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *