Salam dari Tuhan kita Yesus Kristus,

Menjemaat edisi Agustus 2017 ini mengambil tema: “Peningkatan kuantitas dan kualitas petugas pastoral”. Tema ini merupakan poin ke 9 dari Indikator Keberhasilan (IK) sebagai Top Fokus Pastoral KAM 2017 hasil sinode KAM 2016. RP. Oktavianus Situngkir OFM Cap, selaku ketua Komisi Kateketik Keuskupan Agung Medan memberikan masukannya “Pengurus Gereja sungguh dipandang ujung tombak pelayan di tengah umat. Mereka inilah yang menanggapi, mengurus dan melayani permintaan umat akan pelayanan gerejawi seperti persiapan penerimaan sakramen hingga upacara penguburan. Pemuka Jemaat itu sungguh menjadi Bapa dan Ibu rohani bagi umat. Mengingat peran penting mereka maka Komkat KAM memikirkan program kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman, keterampilan dan pemantapan hidup spiritual para Pengurus Gereja baik tingkat stasi dan lingkungan”.

Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr. Dr. Anicetus B. Sinaga OFMCap, melalui rubrik Sapaan Gembala mengajak, “Mari kita tingkatkan baik kualitas maupun kuantitas petugas pastoral kita yang sering kita sebutkan Pengurus Gereja, melalui: 1. Pemantapan baik fungsi maupun status dan job description masing-masing. 2. Penyegaran serta training-training baik oleh Komisi Kateketik, Kitab Suci dan Keluarga”. Seiring dengan itu RD Yustinus Slamet Witokaryono, sebagai Pastor Paroki di Paroki St. Paulus Pangkalan Brandan, menguraikan gagasannya tentang “Paroki Merintis Peningkatan Pemuka Jemaat Stasi dan Lingkungan”. Juga RP Evangelis Pardede OFMCap, Parokus Kuasi Paroki St. Monika Tiganderket, menyumbangkan gagasannya sekitar “Upaya yang telah dilakukan Dewan Pastoral Paroki (DPP)-nya untuk peningkatan layanan pastoral bagi umat”. Bapak Wilopo Hutapea, selaku Dewan Pastoral KAM, juga memberikan masukannya tentang “Pemberdayaan Para Pengurus Gereja”. Tak ketinggalan para Dewan Pastoral Stasi (DPS) dan Dewan Pastoral Lingkungan (DPL) dari beberapa Kevikepan yang ada di KAM, memberikan gagasannya dengan harapan agar Pengurus-Pengurus Gereja di KAM yang kita cintai semakin dibina, dilatih, dan diberdayakan dalam tugas penggebalaan umat.

Majalah Menjemaat sebagai sarana komunikasi umat Keuskupan Agung Medan, selalu komit sebagai media pewartaan Kabar Gembira Kerajaan Allah. Untuk itu, Anda merupakan penyemangat bagi kami bung Redaksi dan para crew bila menjadi pelanggan setia Majalah Menjemaat ini. Lewat Majalah Menjemaat ini akan terjalin persaudaraan antar kita dimanapun berada, karena bung Redaksi dan para crew selalu berupaya memuat berita-berita terkini di Keuskupan Agung Medan tercinta. Tidak jemu-jemunya kami selalu mengajak rekan-rekan pastor paroki, lembaga-lembaga Katolik, dan para biarawan-biarawati di wilayah KAM ini untuk turut membantu bung redaksi dan crewnya menyebarluaskan majalah ini. Kebersamaan yang terungkap dari setiap bantuan yang Anda berikan pasti diberkati oleh Tuhan.

Salam

Bung Redaksi

 

 

 

 

 

 

Newsletter

This module can not work without the AcyMailing Component

Design by Jupen Manik komsoskam.com