Komunitas Sekolah Katolik Berdoa. Tema Menjemaat Edisi Juni 2017. Tema ini bersentuhan dengan gerakan Pastoral Keuskupan Agung-Medan 2017, Keluarga Saleh dan Berdoa. Keluarga disini dalam arti keluarga Rumah Tangga (Ayah, Ibu, dan Anak) tetapi juga komunitas-komunitas Kristiani lainnya, seperti lembaga pendidikan dan kesehatan dll.

Harapannya agar sekolah-sekolah, idealnya 100% sekolah Katolik menonjolkan Identitas Katoliknya. Salah satu  ciri identitas sekolah Katolik adalah berdoa, sesuai dengan cara-cara Katolik. Berdoa dengan cara-cara Katolik merupakan pengajaran lanjut dari para orang tua di rumah, sebagaimana ditegaskan dalam Konsili Vatikan II, Gravissusimun Educationus, “Karena orang tua menyalurkan kehidupan kepada anak-anak, terikat kewajiban amat berat untuk mendidik mereka. Maka orang tualah yang harus diakui sebagai pendidik mereka yang utama.”

 

Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr.Dr. Anicetus Sinaga OFMCap, melalui rubrik Sapaan Gembala, menekankan bahwa proses pendidikan Katolik itu merupakan pengejawantaan dari pesan Kristus, ”pergilah keseluruh dunia, beritakan Injil, dan ajarilah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.”

 

RP Erwin Manulang OFMCap, Ketua Komisi Pendikan Keuskupan Agung Medan, memberikan panorama Gerakan berdoa yang terjadi di Sekolah-Sekolah Katolik di Keuskupan Agung Medan ini. Pada bagian lain Pengurus-Pengurus Yayasan Pendidikan Katolik KAM, juga menggambarkan bagaimana Yayasan memberi ciri dan warna Katolik dalam lembaga pendidikan tersebut. Kesaksian langsung dari para siswa dan Mahasiswa dari sekolah-sekolah katolik, yang mengalami proses pendidikan, memberikan gambaran sekaligus membuka perspektif kita bahwa: kebiasaan berdoa di rumah amat mempengaruhi anak-anak didik dalam menghidupi doa di sekolah atau di kampus masing-masing

 

Rubrik-rubrik lain tetap memberikan ciri Majalah Katolik Keuskupan Agung Medan ini. Bung Redaksi kembali menyapa anda bahwa Menjemaat merupakan sebuah media cetak yang mendidik dan mengembang iman Katolik bagi umat di KAM. Amatlah penting bagi anda, bahwa dalam aneka tawaran hidup ini baiklah umat Katolik di KAM, menjadikan Menjemat sebagai media untuk membangun iman Kekatolikan. Bung Redaksi dan para crew akan terus berupaya menjaga kualitas Majalah Kita ini. Doa dan dukungan anda amat berguna bagi pengembangan Majalah ini. Janganlah berhenti mendukung kami dengan doa dan berlangganan.

 

Bung Redaksi

 

Newsletter

This module can not work without the AcyMailing Component

Design by Jupen Manik komsoskam.com